Visi dan Misi Desa

A. Visi Pembangunan Desa


          Visi pembangunan desa adalah suatu gambaran tentang kondisi desa yang diinginkan pada akhir periode perencanaan pembangunan desa yang direpresentasikan dalam sejumlah sasaran hasil pembangunan yang dicapai melalui berbagai strategi, kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan desa dengan melihat petensi dan kebutuhan desa. Penetapan visi pembangunan desa, sebagai bagian dari perencanaan strategis pembangunan desa, merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan pembangunan suatu desa mencapai kondisi yang yang diharapkan.

 

          Visi Pembangunan Desa Maju Bersama Tahun 2017-2022 disusun berdasarkan pada sumber utama dari visi Kepala Desa yang telah terpilih melalui proses Pemilihan Kepala Desa secara langsung yang saat ini sedang menjabat. Mengingat bahwa Kepala Desa terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa Tahun 2017 belum menyusun RPJMDesa, maka Visi dan Misi dalam RPJMDesa ini ditetapkan untuk Tahun 2017 s.d 2022, yang dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa Maju Bersama seperti Pemerintah Desa, BPD, LPM, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat desa pada umumnya. Serta pertimbangan kondisi eksternal di desa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di kecamatan. Namun demikian dapat dimungkinkan apabila Kepala Desa terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu tahun 2017 s.d 2022 akan merubah Visi dan Misi yang disesuaikan dengan Visi dan Misi yang bersangkutan.

Maka berdasarkan pertimbangan diatas Visi Desa Maju Bersama Tahun 2017-2022 adalah :

 

"TERWUJUDNYA MASYARAKAT DESA MAJU BERSAMA YANG AMAN, MAJU, SEJAHTERA DAN BERKEADILAN"

 

          Secara khusus, dijabarkan makna dari visi pembangunan desa yang sangat diperlukan untuk membangun kesamaan persepsi, sikap (komitmen), dan perilaku (partisipasi) segenap pemangku kepentingan (stakeholders) dalam setiap tahapan proses pembangunan selama enam tahun kedepan.

 

Aman adalah terciptanya suasana keadaan dan kondisi desa yang mampu menangkal segala macam ancaman baik internal maupun ekternaldengan meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat desa sebagai modal dasar dalam menyelenggarakan pemerintahan dan melaksanakan pembangunan.

 

 

Maju mengandung makna meningkatkan dan mengembangkan kecakapan hidup dan keterampilan masyarakat agar tumbuh kemandirian menuju kemajuan kehidupan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Maju Bersama.

 

Sejahtera. Konsep sejahtera menunjukkan kondisi kemakmuran suatu masyarakat, yaitu masyarakat yang terpenuhi kebutuhan ekonomi(materiil) maupun sosial (spirituil); dengan kata lain kebutuhan dasar masyarakat telah terpenuhi secara lahir bathin secara adil dan merata dengan menititik beratkan pada peningkatan kwalitas sumberdaya manusia yang berdaya saing dan berdaya guna dan meningkatkan pembangunan yang difokuskan pada pembangunan perekonomian desa yang berbasis pada potensi desa yang berdaya jual dan berdaya saing.

 

Berkeadilan adalah mengandung makna adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban masyarakat dalam memperoleh pelayanan public /semangat membangun masyarakat yang berazaskan keadilan social masyarakat  dan keberpihakan pada masyarakat marginal.

 

 

B. Misi Pembangunan Desa


          Misi pembangunan desa adalah sesuatu yang diemban atau dilaksanakan oleh pemerintah desa, sesuai visi pembangunan desa yang telah ditetapkan, agar tujuan pembangunan desa dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Dalam rangka memberikan kemudahan bagi penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan, maka misi pembangunan desa Maju Bersama Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2017-2022 dapat dirumuskan sebagai berikut :

1. Terciptanya rasa aman dan tentaram bagi masyarakat dengan berusaha menjaga stabilitas dan suasana desa yang kondusif.

2. Meningkatkan pembangunan infrastruktur desa

3. Menyelenggarakan pemerintahan desa yang bersih, efektif dan efisien.

4. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dalam pembangunan desa yang berkelanjutan

5. Mengembangkan perekonomian desa

6. Memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa membeda-bedakan status dan golongan